Rabu, 04 Februari 2015

CONTOH RPP MATEMATIKA MATERI ALJABAR ( BENTUK BENTUK ALJABAR DAN UNSUR - UNSURNYA ) 1 pertemuan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                        : SMP AWEMATIKA
Satuan Pendidikan                : SMP
Kelas/Semester                       : VII/1
Mata Pelajaran                      : MATEMATIKA
 

Standar Kopetensi               
Memahami Bentuk Aljabar, Persamaan persamaan dan  pertidaksamaan linear satu variable
Kompetensi Dasar    
Mengenal bentuk Aljabar dan unsur-unsurnya    
Indikator                   
Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis.
Alokasi Waktu          
 2 Jam pelajaran 2 x 40 menit

A.    Tujuan  Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian variabel, Konstanta dan faktor
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian suku dan suku sejenis
B.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Variabel
2.      Suku dan suku sejenis
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi , TPS , Pemberian Tugas
D.    Media Pembelajaran
            Buku Matematika SMP Kelas VII Semester gasal dan PPT





E.     Langkah-langkah kegiatan


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan Doa bersama sebelum pelajaran dimulai
·         Apersepsi: Mengingatkan kembali faktor dari suatu bilangan kepada siswa
·         Motivasi: Memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar




15 Menit
Kegiatan Inti

§ Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  •  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  •  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis
  •  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  •  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  •  memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  •  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  •  membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  •  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.






60 Menit
Penutup
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.



5 Menit

F.      Penilaian
Teknik                              : Tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen            : Tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen            :
Dari bentuk aljabar 3x – 5 , manakah yang merupakan variabel, konstanta dan faktor



           
            Mengetahui,                                                              
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran Matematika


           







1 komentar:

  1. Baccarat 101 | UConn Students Can Learn to Play the Game
    Baccarat has been popular for over deccasino 20 제왕 카지노 years and is one of 바카라 the most popular games in the country. Learn to play and practice the game in your favorite casino.

    BalasHapus